Cara Kerja ADSL Modem untuk Koneksi

Cara Kerja ADSL Modem untuk Koneksi Internet yang Cepat

Walaupun penggunaannya sudah cukup umum, namun masih saja banyak yang belum tahu cara kerja ADSL sebagai modem yang bisa membuat koneksi internet menjadi stabil dan efisien. Memangnya bagaimana cara kerjanya dan kenapa harus menggunakan koneksi ini?

Sekilas tentang Teknologi ADSL

Sebelum mendalami cara kerja koneksi ADSL, ada baiknya Anda ketahui dulu apa itu ADSL. Singkatnya, ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah jenis koneksi internet yang dapat menyalurkan komunikasi melalui data, begitu pun sebaliknya.

Koneksi ini memanfaatkan saluran telepon konvensional, untuk memberikan akses internet ke rumah-rumah maupun kebutuhan bisnis. Teknologi ini cukup umum menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena bersifat asimetri yang memungkinkan kecepatan unduh dan unggahnya berbeda.

Baca Juga : Mengenal Apa itu ADSL Beserta Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya 

Bagaimana Cara Kerja ADSL?

Jika Anda menggunakan koneksi ini, maka akan terjadi mekanisme sistem kerja yang cukup sederhana. Karena koneksi ini bekerja seperti runtutan berikut ini:

1. Modem ADSL Menerima dan Meneruskan Sinyal 

Langkah awal cara kerja modem ADSL adalah menghubungkan sumber jaringan kepada perangkat pengguna melalui kabel LAN. Modem tersebut terhubung ke saluran telepon konvensional, atau kebanyakan sekarang menggunakan fiber optik. 

Secara umum modem ini bertindak sebagai perantara antara perangkat dan penyedia layanan internet. Jadi, seluruh lalu lintas data dan manajemen IP address akan modem ini atur sedemikian rupa. Modem akan bertugas menerima dan meneruskan sinyal ke seluruh perangkat.

2. Pemecahan Frekuensi

Seluruh jaringan yang terhubung secara digital melalui teknologi ini akan mengalami pemecahan frekuensi, lebih tepatnya segmentasi frekuensi. Teknologi ini akan membedakan frekuensi sesuai kebutuhan pengguna, baik untuk data maupun panggilan telepon. 

Cara kerja ADSL ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan telepon, sambil tetap terhubung ke internet tanpa terjadi gangguan. Mudahnya, ADSL akan menerapkan protokol tertentu untuk memisahkan jalur frekuensi, seperti polisi yang mengatur lalu lintas buatan saat musim mudik!

3. Pengiriman Asimetris

Salah satu ciri khas ADSL adalah pengiriman data yang asimetris. Bagaimana prinsipnya? 

Mudahnya, proses Ini akan mengalokasikan lebih banyak bandwidth untuk memberikan kecepatan unduh daripada kecepatan unggah. Alasannya adalah kebanyakan pengguna lebih sering melakukan pengunduhan daripada mengunggah file. Sehingga, kebutuhan koneksi internet bisa lebih pengguna maksimalkan.

4. Jaringan ISP Mengirim Data Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, cara kerja ADSL sebelum menyebarkan data akan meminta terlebih dahulu data yang Anda butuhkan pada penyedia layanan ISP. Lalu, melalui protokol tertentu, ISP akan mengirim data tersebut melalui saluran telepon konvensional sesuai paket data yang Anda beli.

5. Dekomposisi Data

Dalam modem ADSL, Anda juga akan menemukan konsep dekomposisi data yang merupakan format yang perangkat modem Anda gunakan. Proses ini sejatinya akan menerjemahkan data menjadi website, video, atau aplikasi yang Anda request saat menjelajah internet.

Kenapa Harus Koneksi ADSL?

Berdasarkan cara kerja modem ADSL di atas, Anda mungkin jadi tahu bahwa jaringan ini memungkinkan Anda menggunakan jaringan data dan telepon secara sekaligus tanpa terganggu. Kondisi ini akan membuat kecepatan akses internet menjadi lebih cepat dan stabil.

Tentunya sangat memungkinkan karena sistem ini akan melakukan filtrasi jalur koneksi yang memisahkan jaringan data dan telepon agar tidak saling berbenturan. Teknologi ini juga menyediakan kemampuan asimetri, yang membuat bandwidth untuk download lebih besar daripada upload. 

Baca Juga : Bandwidth Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Sudah Tahu Cara Kerja Koneksi ADSL?

Secara garis besar, cara kerja ADSL sebagai sebuah teknologi jaringan memungkinkan pengguna mendapatkan akses internet lebih cepat dan stabil. Karena teknologi ini bekerja dengan sistem asimetris yang membuat bandwidth unduh lebih besar dari upload

Tentunya, data Anda sebagai pelanggan tetap aman dan terjaga dengan baik. Anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau, terutama jika Anda menggunakannya di wilayah pemukiman. Menarik, bukan?