Komunikasi Daring Mudahkah Berinteraksi di Masa

Komunikasi Daring Mudahkah Berinteraksi di Masa Kini

Seiring berkembangnya zaman, berinteraksi dengan orang lain tidak harus bertemu secara langsung. Komunikasi daring (online) menjadi salah satu jembatan untuk berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya sangatlah jauh dan tidak memungkinkan untuk dapat berkomunikasi secara tatap muka. Jenis komunikasi apakah itu? Berikut ulasannya!

Pengertian

Komunikasi daring terdiri dari dua kata, yaitu komunikasi dan daring. Komunikasi artinya tindakan menyampaian pesan yang berisi ide, gagasan, informasi, dan lain sebagainya antara satu orang dengan orang lain melalui suatu medium.

Sedangkan daring artinya dalam jaringan, dunia maya, atau semu. Berdasarkan pengertiannya, kegiatan secara daring tentu membutuhkan jejaring komputer, internet, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, komunikasi daring diartikan sebagai metode untuk menyampaikan pesan kepada orang lain yang dilakukan dalam jaringan, sehingga menggunakan perantara seperti jaringan internet, komputer, ponsel, dan alat elektronik lainnya. 

Baca Juga: Pasang Internet di Rumah untuk WFH dan Belajar Online

Jenis-jenisnya

Jenis komunikasi daring dibedakan menjadi dua yaitu sinkron dan asinkron. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Komunikasi Daring Sinkron

Menurut Andi Iqbal Burhanuddin, dkk dalam bukunya yang berjudul Merajut Asa di Tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS) menyatakan bahwa komunikasi jenis ini menitikberatkan pada interaksi yang terjadi bersamaan dan real time.

Komunikasi ini menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, atau ponsel sebagai medianya. Contoh komunikasi real time yakni video call, telepon, atau chatting menggunakan berbagai opsi aplikasi, seperti Telegram, WhatsApp, Line, dan aplikasi lain yang memiliki fitur untuk mendukung kegiatan tersebut.

2. Komunikasi Daring Asinkron

Berbanding terbalik dengan yang sebelumnya, jenis komunikasi satu ini tidak terjadi secara real time atau berada dalam satu waktu yang bersamaan. Komunikasi ini menggunakan perangkat komputer yang dijalankan secara tertunda. Contoh dari komunikasi ini ialah saling berkirim pesan atau berkas melalui email maupun cloud.

Kelebihan Komunikasi Daring

Tanpa disadari komunikasi online saat ini menjadi sesuatu yang hampir setiap hari dilakukan. Hal ini bukan tanpa sebab karena komunikasi online memiliki banyak kelebihan, yakni sebagai berikut.

1. Hemat dan Tidak Mengenal Waktu

Untuk melakukan komunikasi online diperlukan internet agar tetap berjalan. Oleh sebab itu, komunikasi ini dapat menghemat waktu karena tidak perlu berlama-lama mengirim pesan, foto, maupun video. Selain itu, komunikasi ini tidak mengenal waktu, sehingga dapat dilakukan kapan saja.

2. Dapat Dilakukan Dimana Saja dan Hemat Biaya

Selain dapat dilakukan kapan saja, komunikasi ini juga dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan biaya besar dibandingkan dengan komunikasi langsung yang harus bertatap muka dengan seseorang yang akan diajak berkomunikasi.

Kekurangan Komunikasi Daring

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Hal-hal yang bukan kelebihan komunikasi daring adalah sebagai berikut.

1. Harus Menggunakan Perangkat atau Aplikasi

Untuk dapat menjalankan komunikasi online diperlukan perangkat atau aplikasi-aplikasi tertentu untuk menunjangnya. Hal inilah yang menjadi kekurangan dari komunikasi online karena tidak semua aplikasi dapat diunduh dan digunakan secara umum.

2. Dapat Mengalami Miskomunikasi

Peristiwa miskomunikasi ini kerap terjadi ketika menggunakan cara berinteraksi via chat. Hal ini karena susah dalam mengekspresikan emosi dalam teks pesan, sehingga kerap terjadi kesalah pahaman antara pengirim dan penerima.

3. Data Privasi dapat Tersebar Luas

Biasanya, sebelum menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan komunikasi daring, maka akan dimintai beberapa informasi pribadi untuk mengisi data diri atau registrasi.

Hal tersebut cukup berbahaya karena data pribadi sifatnya privasi, sehingga apabila tersebar ditakutkan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  

Baca Juga: Cara Nonton Bareng di Zoom, Cepat dan Praktis

Pilih Komunikasi Daring atau Luring (Langsung)?

Komunikasi secara langsung maupun online tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kunci agar komunikasi online atau daring berjalan lancar ialah dengan menggunakan internetcepat.id (Internet Cepat).

Internetcepat.id menjadi pilihan tepat karena menyediakan semua kebutuhan untuk memasang internet di rumah atau kantor. Beberapa layanan internet yang bisa dipilih, yakni jasa pemasangan WiFi, internet dedicated, internet CCTV, hingga IP Transit.

Internet Cepat merupakan perusahaan ISP berlisensi resmi dari Kominfo. Apa yang Anda dapatkan akan sesuai dengan apa yang kami tawarkan. Cek penawaran kami di laman internetcepat.id.