Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung

Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung

Penyebab kenapa hotspot tidak bisa tersambung bisa bermacam-macam. Mungkin penyebabnya ada yang berasal dari perangkat yang berfungsi sebagai hotspot itu sendiri. Namun bisa juga berasal dari perangkat yang akan disambungkan ke hotspot.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab mengapa masalah ini bisa terjadi. Dengan begitu Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

Inilah Penyebab Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung

Berikut beberapa alasan kenapa hotspot tidak bisa tersambung ke laptop yang harus Anda tahu.

1. Kuota Internet Habis

Ketika kuota internet yang digunakan sudah mencapai batas harian maupun bulanan dan bahkan tidak tersisa sama sekali menjadi sebab hotspot tidak tersambung. Untuk itu Anda perlu mengecek sisa kuota internet sesuai provider kartu SIM yang Anda gunakan.

2. Pengaturan Hotspot Salah

Permasalahan terkait pengaturan hotspot yang salah juga bisa menjadi indikasi kenapa hotspot tidak bisa tersambung ke HP lain dan laptop. Untuk kesalahan pengaturan tersebut bisa bermacam-macam.

Misalnya salah memasukkan kata sandi sehingga proses koneksi menjadi gagal. Permasalahan seperti ini sebenarnya dapat Anda atasi dengan mengecek kembali pengaturan hotspot.

Pastikan Anda memasukkan password yang tepat dan sesuai SSID atau nama hotspot yang digunakan. Selain itu, pastikan juga bahwa fitur hotspot sudah aktif sehingga Anda dapat menyambungkan perangkat lain ke HP Anda tersebut.

3. Masalah Pada Ponsel

Penyebab selanjutnya kenapa hotspot tidak bisa tersambung bisa jadi berasal dari ponsel itu sendiri. Mungkin saja perangkat yang Anda gunakan sekarang memiliki bug maupun mengalami masalah pada hardware-nya.

Akibat dari kondisi ini menyebabkan fungsi hotspot menjadi terkendala. Bagaimana mengatasinya? Anda bisa mencoba melakukan restart terlebih dahulu. Bisa juga dengan melakukan pengecekan secara lebih lanjut jika memang Anda menemukan ada bagian yang bermasalah.

4. Perangkat Tidak Mendukung

Beberapa gadget kemungkinan tidak support fitur hotspot. Ini bisa terjadi karena mungkin perangkat yang Anda gunakan sudah tua sehingga fitur hotspot tidak bisa dijalankan secara normal.

Kondisi seperti ini bisa jadi menjadi sebab fitur hotspot tidak bisa Anda gunakan. Solusi dari penyebab ini tidak lain adalah Anda harus menggunakan gawai baru.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Hotspot dan Cara Menggunakan yang Aman

5. Masalah dari Perangkat yang Akan Disambungkan

Alasan kenapa hotspot tidak bisa tersambung juga bisa berasal dari perangkat yang akan disambungkan. Permasalahan seperti ini sebenarnya jarang ada yang menyadarinya. Kebanyakan orang cenderung fokus untuk mengecek perangkat yang berfungsi sebagai hotspot.

Anda perlu memastikan bahwa setting WiFi untuk perangkat yang akan disambungkan sudah sesuai. Jika terdapat kesalahan konfigurasi maka berpotensi akan menghambat proses koneksi. Untuk itu periksa pengaturan WiFi dan pastikan sudah sesuai.

6. Mengaktifkan Fitur Pembatasan

Penyebab selanjutnya adalah fitur pembatasan yang aktif. Biasanya beberapa perangkat hotspot punya fitur pembatas yang akan membatasi jumlah perangkat yang dapat tersambung ke hotspot dalam waktu bersamaan.

Anda harus memastikan bahwa fitur pembatasan tersebut tidak aktif. Untuk pengaturannya dapat Anda lihat pada menu pengaturan hotspot.

7. Perangkat yang Akan Anda Sambungkan Sudah Terblokir

Masih ada penyebab berikutnya yang juga tidak banyak orang menyadarinya. Mungkin sebelumnya ada perangkat yang tersambung ke hotspot milik Anda, lalu Anda memblokir perangkat tersebut.

Akibatnya, ketika perangkat ini akan Anda hubungkan lagi maka sudah pasti tidak akan bisa alias tertolak. Solusinya Anda perlu unblock perangkat melalui pengaturan hotspot di ponsel Anda.

Baca Juga: Ini Dia 3 Perbedaan WiFi dan Hotspot yang Harus Anda Ketahui

Sudah Paham Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung?

Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, perangkat Anda akan bisa tersambung ke hotspot dan bisa mengakses internet. Meski begitu, untuk mendapatkan akses internet secara cepat dan lancar akan lebih baik jika Anda menggunakan koneksi WiFi dari Internetcepat.

Internetcepat menawarkan internet WiFi rumah tanpa kabel dengan kecepatan tinggi dan stabil. Mulai dari Rp499.000,00, Anda dapat merasakan internet dengan kecepatan 10 sampai 25 Mbps. Selain koneksi cepat, biaya berlangganannya pun juga terjangkau sehingga sangat recommended untuk Anda.