Cara Mudah Memperbaiki WiFi Repeater Tidak

Cara Mudah Memperbaiki WiFi Repeater Tidak Terdeteksi

WiFi repeater merupakan hardware yang berguna untuk menguatkan dan memperluas cakupan jaringan internet. Walaupun keberadaannya sangat krusial, namun masih banyak pengguna tidak mengetahui solusi dari masalah WiFi repeater tidak terdeteksi.

Jika Anda salah satunya, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Sebab, artikel ini akan menjelaskan penyebab umum dan cara memperbaikinya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati koneksi yang lebih stabil dan kuat, tanpa harus khawatir kehilangan sinyal sewaktu-waktu.

Penyebab WiFi Repeater Tidak Terdeteksi

Salah satu alasan utama mengapa WiFi repeater tidak mendeteksi gadget Anda adalah terdapat gangguan sinyal. Gangguan ini bisa disebabkan oleh struktur bangunan, seperti dinding yang tebal.

Selain itu, sinyal radio di sekitar, seperti jaringan WiFi lain, juga dapat menghalangi pancaran sinyal repeater. Bahkan, masalah ini juga bisa berasal dari perangkat repeater itu sendiri, dan situasi ini akan semakin parah jika ada terlalu banyak perangkat yang terhubung ke repeater.

Baca Juga: WiFi Repeater Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Cara Mengatasi WiFi Repeater Tidak Terdeteksi

Berdasarkan penyebab yang ada, berikut ini beberapa cara mengatasi WiFi repeater tidak terdeteksi di jaringan Anda.

1. Periksa Masalah pada Perangkat Keras

Kerusakan hardware bisa terjadi pada perangkat apa pun, termasuk WiFi repeater. Salah satu contoh yang sering ditemui adalah masalah pada port ethernet. Oleh karena itu, cek bagian depan WiFi repeater, biasanya ada beberapa lampu LED yang menunjukkan status perangkat.

Pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan petunjuk di buku manual. Jika tidak ada lampu yang menyala, kemungkinan perangkat mengalami kerusakan, atau ada masalah pada charger maupun stop kontak. Untuk memastikan, coba gunakan perangkat lain pada stop kontak tersebut untuk melihat apakah masih berfungsi normal.

Baca Juga: Cara Menggunakan WiFi Repeater untuk Perluas Jaringan

2. Restart WiFi Repeater

Setiap merek repeater biasanya memiliki letak tombol restart yang berbeda, namun umumnya berada di bagian belakang dekat port ethernet. Tombol ini bisa berupa tombol kecil yang perlu ditekan dengan jarum atau tombol biasa.

Untuk melakukan restart, tekan tombol tersebut selama 10 detik, lalu lepaskan. Pengaturan akan kembali ke kondisi awal sehingga Anda bisa mengaturnya ulang. Jika setelah di-restart repeater masih tidak terdeteksi, lanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya.

3. Memberi Izin Lokasi

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika WiFi repeater, terutama produk Xiaomi, tidak terdeteksi di aplikasi Mi Home. Untuk mengatasi masalah Mi WiFi repeater tidak terdeteksi, Anda perlu memberikan izin lokasi pada perangkat yang digunakan.

Setelah itu, tutup aplikasi, aktifkan GPS di perangkat Anda, lalu buka kembali Mi Home dan coba tambahkan ulang perangkat. Setelah langkah tersebut, repeater seharusnya akan terdeteksi.

4. Ubah Tempat WiFi Repeater

Jika WiFi repeater masih belum berfungsi, Anda bisa mencoba memindahkan lokasinya. Pastikan repeater tidak terlalu jauh dari router utama.

Selain itu, pastikan lokasi tersebut tidak terganggu oleh perangkat WiFi maupun penguat sinyal lainnya. Penempatan yang tepat sangat penting untuk memastikan repeater bekerja optimal.

5. Pastikan WiFi Repeater Terhubung dengan Jaringan yang Sama

Cara terakhir adalah periksa apakah WiFi repeater Anda terhubung ke jaringan yang sama dengan router utama. Cek nama SSID router Anda dan lihat apakah ada jaringan serupa yang muncul di perangkat lain seperti ponsel atau tablet.

Dalam mengubah pengaturan ini, Anda perlu mengakses alamat IP router yang diberikan oleh penyedia layanan internet Anda melalui browser di komputer. Setiap penyedia mungkin memiliki alamat IP yang berbeda, jadi pastikan Anda menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Baca Juga: WiFi Repeater VS Extender:  Mana Yang Terbaik untuk Sinyal?

Sudah Bisa Mengatasi WiFi Repeater Tidak Terdeteksi?

Pada intinya, dengan memahami penyebab dan mengikuti langkah-langkah perbaikan WiFi repeater Xiaomi tidak terdeteksi, Anda dapat memastikan koneksi internet tetap stabil. Sehingga, Anda dapat menikmati akses tanpa hambatan di berbagai sudut rumah atau kantor.

Sebagai tambahan, pilihlah layanan internet yang tepat, karena dapat menentukan kestabilan koneksi jaringan. Anda dapat menggunakan Internet WiFi rumah tanpa kabel dari InternetCepat.

Hanya mulai dari Rp499.000,00, Anda bisa mendapatkan koneksi internet stabil tanpa bantuan repeater atau extender. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir kuota habis, karena Fair Usage Policy (FUP) dari paket ini terjamin unlimited. Yuk, kunjungi website InternetCepat dan temukan promo menariknya!