Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update?

Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update? Ini Sebab dan Solusinya

Sebagai media sosial paling populer, Instagram memberikan fitur-fitur menarik, seperti Reels, Stories, dan DM, melalui pembaruan rutin. Akan tetapi, ada kalanya pengguna mengalami kendala dalam meng-update Instagram. Artikel ini akan menjawab kenapa Instagram tidak bisa di update beserta solusi tepatnya. 

5 Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa di Update

Berikut adalah 5 alasan Anda tidak bisa memperbarui Instagram ke versi terbaru. 

1. Koneksi Internet Lambat

Internet yang tidak stabil akan menghambat proses update Instagram ke versi terbaru. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan jaringan internet yang lebih kuat ketika memutakhirkan aplikasi tersebut. Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi atau data seluler yang lancar dan stabil. 

Baca Juga: Kenapa IG Tidak Bisa Upload Story? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

2. Penyimpanan Sudah Penuh

Salah satu alasan kenapa Instagram tidak bisa di update ke versi baru karena penyimpanan ponsel sudah penuh. Akibatnya, tidak ada ruang untuk menampung ukuran file dari aplikasi Instagram terbaru. Jadi, alangkah baiknya jika Anda menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. 

3. Perangkat Sudah Tidak Kompatibel

Alasan lain kenapa Instagram tidak bisa di update adalah karena perangkat sudah tidak kompatibel. Instagram versi terbaru seringkali memerlukan sistem operasi yang baru juga. Hal ini untuk memastikan keamanan dari potensi serangan virus ataupun malware

Coba pergi ke “Pengaturan Sistem,” dan cari “Tentang Perangkat” untuk melihat  status dari perangkat Anda. Jika sistem operasi Anda perlu pembaruan, Anda perlu meng-update-nya supaya bisa memperbarui Instagram.

4. Pembaruan Tidak Tersedia di Lokasi Anda

Terkadang Instagram masih perlu melakukan pengujian fitur, sehingga versi baru hanya tersedia pada lokasi tertentu. Jika hal ini terjadi, Anda hanya bisa menunggu sampai developer merilis versi terbaru secara global. 

5. Server Instagram Sedang Down

Server yang down juga bisa menyebabkan gagalnya update aplikasi. Namun, server yang down ini bukan karena kesalahan perangkat Anda, jadi Anda hanya perlu menunggu hingga server Instagram kembali stabil. 

Baca Juga: Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri? Ada Solusinya!

Solusi untuk Mengatasi Masalah Update Instagram

Setelah mengetahui penyebab kenapa Instagram tidak bisa di update, ada beberapa langkah untuk mengatasi gagalnya pembaruan aplikasi tersebut. Berikut adalah cara-caranya. 

1. Hapus Cache Instagram

Cache yang sudah penuh bisa mengganggu sistem perangkat. Akibatnya, kinerja aplikasi jadi kurang optimal. Pastikan untuk menghapus cache secara berkala agar aplikasi dapat diperbarui.

2. Log Out dan Log In Instagram

Jika Anda tidak bisa memutakhirkan aplikasi, cobalah untuk log out dari akun Instagram Anda. Setelah beberapa saat, masuk kembali ke akun Anda. Dengan begitu, feed and message Anda dapat ter-refresh pada kondisi terbaru.  

3. Hapus dan Instal Ulang Instagram

Trik yang lain yang bisa jadi solusi kenapa Instagram tidak bisa di update ke versi baru adalah menghapus aplikasi. Setelah menghapus aplikasi, Anda bisa mengunduhnya lagi dari Apple Store atau Play Store. Dengan begitu, handphone Anda akan mengunduh versi Instagram yang terbaru. 

4. Restart Ponsel

Terkadang Instagram sering mengalami beberapa isu seperti freezing, sehingga susah untuk melakukan pemutakhiran. Cara mengatasi isu ini adalah dengan merestart ponsel. Maka, ponsel akan kembali ke mode awal dan bisa untuk melakukan update Instagram.

Baca Juga: Kenapa DM Instagram Tidak Masuk? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya! 

Berselancar di Instagram Semakin Lancar dengan Internet Cepat

Masalah kenapa Instagram tidak bisa di update bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari koneksi internet, penyimpanan ponsel, hingga lokasi Anda. Mengetahui penyebab serta mencoba solusi yang tepat bisa membantu Anda mengatasi isu ini. Dengan begitu, Anda bisa tetap update dan menikmati fitur-fitur Instagram. 

Untuk memastikan Anda tidak lagi mengalami masalah seperti ini pada Instagram atau aplikasi lainnya, pastikan koneksi internet Anda selalu stabil dengan berlangganan Internet Cepat. Vendor ini menawarkan jaminan akses internet lancar, sehingga Anda bisa browsing, streaming, dan update aplikasi tanpa ada hambatan. 

Dapatkan juga produk Internet Rumah dengan kecepatan penuh tanpa tercampur TV langganan. Terlebih lagi, fitur konten filter pada layanan ini memungkinkan Anda untuk menyaring konten yang aman untuk keluarga Anda. Info lebih lanjut, hubungi kami untuk akses internet tiada tanding!