Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus?

Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus? Ini Faktor dan Cara Mengatasinya

Instagram adalah media sosial populer, yang di dalamnya juga terdapat fitur Direct Message untuk mengirim pesan. Oleh karena itu, Anda bisa saling terhubung dengan pengguna lainnya untuk membagi konten di Instagram. Lantas, yang sering jadi pertanyaan adalah kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus?

Tak jarang beberapa pengguna memang mengeluhkan masalah ini, yang membuat pesan di Instagram mereka tidak bisa dihapus. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa cara menghapus pesan Instagram atau IG yang bisa Anda coba. Yuk, simak informasi selengkapnya tentang penyebab DM Instagram tidak bisa dihapus dan cara mengatasinya di bawah ini!

Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus?

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang menjadi alasan kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

1. Adanya Gangguan Sistem atau Bug

Sering kali Instagram memang mengalami gangguan sistem atau bug. Hal inilah yang mengakibatkan beberapa fitur, seperti penghapusan DM, tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah ini, maka bisa coba lakukan beberapa solusi sebagai berikut:

  • Menutup dan buka kembali aplikasi Instagram di smartphone Anda;
  • Memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru;
  • Melakukan restart perangkat yang Anda gunakan; atau
  • Menghapus cache dan data di aplikasi Instagram.

Baca Juga: Kenapa DM Instagram Tidak Masuk? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya! 

2. Adanya Pembatasan Waktu Penghapusan DM

Tidak banyak pengguna yang tahu, bahwa Instagram mempunyai batasan waktu untuk bisa menghapus DM. Jadi, Anda hanya bisa menghapus DM dalam waktu 48 jam setelah pesan terkirim ke pengguna lain. Apabila telah melebih batas waktu tersebut, sudah pasti DM tidak bisa Anda hapus.

3. Pengaturan pada Privasi Akun

Faktor penyebab selanjutnya adalah terkait pengaturan pada privasi akun. Pengaturan ini dapat memengaruhi kemampuan penghapusan DM. Artinya, jika Anda membatasi akun, maka pengguna yang Anda batasi tidak akan bisa melihat DM yang dihapus tersebut.

4. Pesan Sudah Dihapus oleh Penerima

Alasan kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus yang terakhir adalah karena pesan tersebut sudah dihapus oleh pihak penerima. Jadi, apabila penerima DM sudah menghapus pesan sebelum Anda menghapusnya, maka DM tersebut tidak akan bisa terhapus dari akun Anda.

Baca Juga: Begini 3 Cara Tepat Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Story 

Tata Cara Menghapus DM di Instagram dengan Mudah

Setelah mengetahui alasan kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus, berikut ini adalah tata cara menghapus DM di IG dengan mudah yang bisa Anda ikuti.

  1. Pertama, buka aplikasi Instagram di smartphone Anda dan ketuk menu Direct Message dengan ikon balon kata di sisi kanan atas layar aplikasi.
  2. Setelah itu, ketuk akun Instagram pengguna lain yang ingin Anda hapus salah satu pesannya.
  3. Kemudian, ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda hapus hingga muncul opsi ‘Balas’, ‘Teruskan’, ‘Salin’, ‘Simpan Balasan’, dan ‘Batal Kirim’. Pada tahap ini, silakan ketuk opsi ‘Batal Kirim’ untuk menghapus pesan tersebut.
  4. Nantinya, proses akan selesai, jika pesan sudah hilang dari percakapan di DM.

Baca Juga: Kenapa Instagram Keluar Sendiri? Ini 6 Alasan dan Cara Mengatasinya!

Sudah Tahu Alasan Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus?

Dari penjelasan di atas, dapat Anda ketahui bahwa ada banyak faktor penyebab yang membuat DM Instagram tidak bisa Anda hapus. Salah satunya adalah karena adanya bug

Meski begitu, masalah koneksi internet juga bisa menjadi penyebab lain yang membuat DM tidak bisa Anda hapus. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menggunakan koneksi internet yang lancar dan stabil, agar aktivitas berselancar di Instagram bisa lebih maksimal.

Internet Cepat sebagai penyedia jasa layanan internet terpercaya telah menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memasang internet rumah maupun kantor tanpa batas kuota. Tidak perlu khawatir dengan koneksi internetnya, karena sudah terjamin stabil dan bebas hambatan.

Mulai dari Rp349.000,00 saja, Anda sudah bisa menikmati layanan internet unlimited 100% dari Internet Cepat. Sangat terjangkau, bukan? Jadi, tak perlu ragu lagi untuk gunakan layanan dari Internet Cepat!