Cara Menghilangkan Saluran di Status WA

Cara Menghilangkan Saluran di Status WA dengan Mudah dan Cepat

Semenjak September 2023, WhatsApp sudah meluncurkan Saluran atau Channel. Para pengguna dapat menerima informasi ter-up-to-date dari organisasi maupun individu yang diminati. Namun, fitur ini mungkin tidak diperlukan oleh Anda. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara menghilangkan saluran di status WA.

Cara Menghapus Saluran di Status WA

WhatsApp selalu melakukan proses peninjauan ketat kepada akun-akun di fitur Saluran. Informasi-informasi yang ditawarkan tentunya sudah benar-benar aman. Namun, Anda juga dapat kesempatan untuk tidak menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah menghilangkan fitur Saluran. 

1. Tekan Pembaharuan

Tombol ini terletak di paling ujung kiri pada Menu Bar, bersamaan dengan panggilan, komunitas, chat serta pengaturan. 

2. Unfollow Akun yang Diikuti

Sehabis menekan tombol pembaharuan, WhatsApp akan memunculkan tampilan kolom Saluran yang berisi daftar akun-akun yang Anda ikuti. Akun-akun tersebut yang menjadi alasan kenapa WA ada saluran. Untuk menghilangkannya, klik Saluran yang ingin dihapus dan buka ruang chat atau obrolan. 

Kemudian, pilih ikon titik tiga tepat di kanan atas ruangan obrolan, tepat di sebelah bel. Lalu, ada beberapa pilihan yang akan muncul, yaitu info saluran, bagikan, laporkan, dan batal mengikuti. Tekanlah pilihan yang paling akhir supaya WhatsApp Anda berhenti mengikuti akun saluran tersebut. 

3. Ulangi Langkah Kedua

Jika berjumlah lebih dari satu, Anda perlu mengulangi langkah pembatalan mengikuti akun-akun Saluran beberapa kali. Tanpa melakukannya, Anda pasti tetap mendapatkan informasi-informasi terbaru dari semua akun yang masih terdapat di daftar Saluran. Itulah cara menghilangkan saluran di status WA yang mudah. 

Baca Juga: Kenapa IG Tidak Bisa Upload Story? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Cara Mengembalikan Saluran Di Status Wa

Jika ingin kembali menerima informasi dari akun-akun Saluran, berikut adalah langkah-langkah yang mudah dan cepat supaya fiturnya muncul kembali. 

1. Klik Pembaharuan

Seperti cara menghilangkan saluran di status WA, tekan tombol pembaharuan yang terdapat di Menu Bar pada aplikasi. Jika tidak muncul, coba tutup WhatsApp dan buka kembali. Kalau tetap tidak muncul, mungkin aplikasi belum Anda perbaharui ke versi yang paling baru. 

2. Scroll Down ke Menu Saluran

Di halaman Saluran, WhatsApp akan menyajikan beberapa rekomendasi akun-akun saluran yang dapat Anda ikuti. Jika ada yang menarik perhatian, Anda tinggal pilih ikon ‘+’. 

3. Pilih Opsi Cari Saluran

Jika belum ada akun yang Anda minati, opsi Cari Saluran bisa menjadi pilihan Anda. Di halaman ini, ada beberapa kategori yang dapat mempermudah Anda dalam menemukan akun yang tepat, termasuk paling aktif, paling populer, dan berdasarkan wilayah. 

4. Pilih Ikon Tambah

Kalau sudah mendapatkan akun Saluran yang menarik, jangan lupa untuk menekan ikon tambah atau ‘+’. Ikon ini dapat Anda temukan tepat di sebelah akun Saluran. Ikon ini akan berubah menjadi centang atau ‘’ kalau akun sudah Anda ikuti. Setelah itu, Anda akan menerima informasi-informasi terbaru dari akun tersebut. 

Baca Juga: 3 Cara Menghapus Akun Telegram Permanen Super Mudah

Apakah Fitur Saluran di WhatsApp Anda Masih Ada?

Ikutilah cara menghilangkan saluran di status WA secara berurutan jika fitur tersebut mengganggu Anda. Namun, jika masih belum bisa hilang, mungkin sinyal internet Anda masih kurang baik. Kalau sudah begitu, ada baiknya pakai internet cepat unlimited dari internetcepat.id yang full fiber dengan harga yang terjangkau.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota atau kehilangan internet pada saat yang penting. Ada layanan gratis kunjungan teknis jika ada permasalahan. Anda tinggal perlu menghubungi layanan pelanggan yang siap sedia selama 24 jam melalui telepon, WhatsApp, Live Chat dan email. Hubungi dan dapatkan penawarannya!