6 Film Tentang Saham, Sarana Edukasi

6 Film Tentang Saham, Sarana Edukasi Bagi Investor Pemula!

Sekarang ini, generasi muda semakin sadar akan pentingnya investasi dan mencoba menggeluti investasi saham. Apakah Anda juga tertarik dengan investasi saham? Jika masih pemula, sebaiknya Anda belajar lebih dulu. Terlebih, ada banyak cara untuk mempelajari saham, salah satunya melalui film tentang saham.

Nah, artikel ini akan mengupas 6 film bertema investasi saham yang wajib Anda tonton sebagai investor pemula. Yuk, simak lebih lanjut!

Rekomendasi Film Tentang Saham

Film merupakan salah satu media edukasi yang efektif karena tidak hanya memberikan pembelajaran, melainkan juga tontonan menghibur. Sehingga, penonton bisa belajar tanpa merasa jenuh. Berikut rekomendasinya.

1. The Wolf of Wall Street (2013)

Rekomendasi film pertama adalah The Wolf of Wall Street. Film bergenre biografi komedi ini menceritakan perjalanan hidup seorang pialang saham bernama Jordan Belfort. Ia berhenti bekerja karena perusahaan tempatnya bekerja bangkrut.

Bersama temannya, Belfort pun mendirikan perusahaan saham dan berhasil meraih kesuksesan. Sayangnya, keduanya menyalahgunakan uang investasi, melakukan korupsi, dan penipuan saham hingga menjadi buronan FBI.

Baca Juga: 5 Film Barat tentang CEO Dingin yang Buat Penasaran

2. Margin Call (2011)

Margin Call adalah film tentang pialang saham yang mengambil latar krisis keuangan global tahun 2008. Fokus ceritanya pun ada pada perusahaan investasi besar yang sedang di ambang kehancuran.

Film ini menyuguhkan cerita yang penuh tekanan dan menegangkan tentang kondisi 36 jam pertama menuju krisis ekonomi. Selain itu, film ini akan memperlihatkan bagaimana perusahaan tersebut berjuang menghadapi krisis.

3. Boiler Room (2000)

Rekomendasi berikutnya adalah film tentang trader saham berjudul Boiler Room yang menggambarkan praktik kotor dalam berdagang saham. 

Kisah berawal dari seorang mahasiswa yang putus kuliah bernama Seth Davis. Ia mencoba berkarir sebagai trader dan broker saham di perusahaan investasi. Namun, Seth justru terperangkap dalam keserakahan hingga tidak sadar dirinya menjual saham bodong.

4. Money (2019)

Jika merupakan penikmat film atau drama Korea, maka rekomendasi film tentang saham yang satu ini cocok untuk Anda. Film berjudul Money yang rilis pada tahun 2019 mengangkat kisah seorang pialang saham baru di salah satu firma terbaik di Yeouido

Ia berambisi untuk mendapat profit tinggi hingga nekat melakukan apapun demi mewujudkannya. Padahal, dirinya tidak memiliki koneksi. Hingga suatu saat ia menerima tawaran dari sosok anonim yang mengontrol pasar saham. Kesepakatan ini membawanya ke perjalanan yang penuh luka dan berliku.

Baca Juga: Top 5 Film Korea Bertema Bisnis yang Menghibur dan Memotivasi

5. Sang Pialang (2013)

Di Indonesia, film tentang investasi terbilang masih minim. Salah satu yang dinilai paling bagus adalah film berjudul Sang Pialang

Film ini mengisahkan seluk beluk pasar modal dan kehidupan para investor yang penuh tantangan. Sang sutradara mengaku membuat film ini sebagai sarana edukasi masyarakat tentang pasar modal.

6. Gampang Cuan (2023)

Selain Sang Pialang, tahun lalu baru saja rilis film tentang saham berjudul Gampang Cuan. Film ini menceritakan kakak beradik yang mencoba untuk mencari peluang dari trading saham. Sayangnya, keduanya berinvestasi dengan cara yang salah karena minimnya wawasan mereka.

Gampang Cuan sendiri memberikan dua pesan moral, yaitu jangan berinvestasi dengan modal yang berasal dari utang. Serta, jangan berinvestasi ketika tidak punya penghasilan tetap.

Baca Juga: 5 Film tentang Hacker yang akan Membuat Ternganga

Film Tentang Saham, Media Edukasi yang Menghibur!

Menonton film tentang saham adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin belajar saham dengan cara menyenangkan. Keenam rekomendasi film di atas dapat menjadi rujukan untuk menambah wawasan Anda tentang dunia investasi.

Film-film tersebut bisa Anda tonton melalui aplikasi streaming yang sekarang sudah banyak tersedia. Namun, agar dapat menonton film dengan lancar, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Nah, dengan memasang internet wireless dari internetcepat.id, Anda bisa menonton film tanpa khawatir kuota habis karena sifatnya unlimited. Internet wireless juga mudah dipasang dan proses instalasinya cepat. Jadi, tunggu apalagi? Segera pasang internet wireless di rumah agar bisa menonton film dengan nyaman!