8 Alat untuk Live Streaming Wajib

8 Alat untuk Live Streaming Wajib Agar Lebih Profesional

Alat-alat untuk live streaming mungkin terlihat sederhana hanya dengan perangkat smartphone dan tripod. Faktanya, kegiatan siaran langsung butuh alat-alat yang lebih profesional untuk hasil video lebih memuaskan. Lantas, apa saja alat untuk live streaming? Temukan barang-barang apa saja itu dalam artikel di bawah ini.

Alat untuk Live Streaming

Sebelumnya, ketahui bahwa kegiatan siaran langsung bukan hanya sekadar kegiatan ringan. Tetapi, memerlukan kelengkapan perlengkapan untuk menghasilkan video siaran yang lebih jernih dan berkualitas tinggi. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk live streaming? Berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Perangkat Kamera

Perlengkapan yang pertama dan terpenting adalah perangkat kamera. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kamera mulai dari kamera pada handphone, kamera profesional seperti DSLR atau kamera webcam.

Pemilihan jenis kamera akan berpengaruh pada hasil video saat kegiatan siaran berlangsung. Oleh sebab itu, pilihlah jenis kamera yang memiliki spesifikasi terbaik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Live Streaming Game di FB Lewat HP Android untuk Pemula

2. Laptop

Perlengkapan selanjutnya adalah laptop yang akan berfungsi sebagai monitor selama Anda melakukan siaran. Perangkat ini dinilai sangat fleksibel dan mudah dibawa ke mana saja agar Anda bisa melakukan siaran langsung. 

Pastikan bahwa perangkat memiliki penyimpanan minimal 8 GB RAM agar dapat mendukung durasi siaran yang lebih panjang. Selain itu, Anda bisa memilih perangkat sesuai dengan kebutuhan.

3. Tripod

Selanjutnya, kaki tiga atau biasa disebut dengan tripod yang juga menjadi perlengkapan utama untuk siaran langsung. Tripod ini berfungsi sebagai penyangga untuk perangkat handphone atau kamera yang akan merekam kegiatan Anda selama siaran langsung.

4. Mikrofon

Alat untuk live streaming yang tidak kalah penting dari yang lainnya adalah sebuah mikrofon. Perlengkapan ini berfungsi untuk menangkap dan memperjelas suara ketika melakukan siaran langsung. Alhasil, meskipun perangkat handphone atau kamera berjarak cukup jauh, suara Anda masih terdengar jelas.

Jenis dari mikrofon berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Clip on dan lavalier mic merupakan jenis yang paling umum, yaitu mikrofon yang bisa ditempelkan di baju. Selain itu, ada mic condenser yang berfungsi sebagaimana mikrofon untuk acara broadcast atau ASMR.

5. Headset

Kemudian, ada headset yang sangat penting untuk para streamer selama melangsungkan siaran. Perlengkapan ini mempermudah Anda untuk mendengarkan suara audiens jika siaran langsung berinteraksi dengan para penonton. Alhasil, Anda bisa dengan tepat menjawab atau merespon dari setiap pembicaraan dua arah.

Baca Juga: 4 Cara Agar Live Streaming Lancar untuk Streamer Pemula

6. Lighting

Lighting atau pencahayaan tambahan merupakan perlengkapan siaran langsung yang tidak bisa ditinggalkan terutama untuk acara dalam ruangan. Adanya lighting ini akan membuat video siaran Anda menjadi semakin jelas dan terang. 

7. WiFi Extender

WiFi extender atau penguat jaringan internet merupakan alat untuk live streaming yang sangat penting. Dengan perlengkapan ini, siaran langsung Anda akan berjalan lancar tanpa adanya gangguan jaringan internet yang berdampak pada terputusnya siaran. 

8. Baterai Cadangan

Faktanya, penggunaan baterai cadangan sangat diperlukan selama siaran berlangsung. Hal ini perlu untuk meminimalisir terhentinya siaran secara mendadak karena baterai kamera atau handphone telah habis. 

Baca Juga: Cara Live Streaming Mobile Legend dengan Lancar dan Mudah

Jadilah Streamer Handal Tanpa Ada Halangan!

Streamer menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Tetapi, untuk menjadi seorang streamer bukan hal yang mudah. Anda perlu alat untuk live streaming sehingga dapat memproduksi konten berkualitas untuk para audiens. Salah satu alat tersebut adalah jaringan internet yang stabil dan cepat.

Internet wireless dari Internet Cepat menjadi opsi utama pendukung live streaming dengan menyediakan jaringan internet tanpa kabel dan stabil. Harga yang ditawarkan oleh Internet Cepat sangat ramah di kantong, mulai dari Rp500.000,00. 

Kecepatan yang ditawarkan bisa mencapai 50 Mbps. Selain itu, ada layanan 24 jam jika ada masalah. Teknisi pun bisa datang ke rumah untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Tertarik? Segera berlangganan di Internet Cepat untuk jaringan internet terbaik!