Memahami tipe konten yang menaikkan engagement sosial media bersifat wajib bagi para pegiat industri terkait. Mulai dari pemengaruh (influencer: Selebgram, TikTokers, dan semacamnya), spesialis sosial media (social media specialist), maupun pemilik merek atau perusahaan.
Beberapa konten bisa membuat engagement meroket, namun yang lainnya bisa tenggelam tanpa memberikan efek sama sekali. Padahal, ramainya konten hingga membuat engagement naik tidak hanya meningkatkan popularitas Anda, tetapi juga menciptakan banyak peluang baru, seperti tawaran kontrak sponsor.
Baca Juga: 5 Aplikasi Social Media untuk Bisnis sebagai Media Promosi
Tipe Konten yang Menaikkan Engangement
Kenali tipe-tipe konten berikut yang mudah menarik pemirsa dan otomatis meningkatkan engagement akun Anda secara signifikan!
1. Konten Hiburan
Jenis konten pertama yang mayoritas pengguna sosial media sukai adalah konten lucu, seperti: meme kocak atau video humor. Konten yang mengundang tawa mudah pengguna bagikan, sehingga visibilitasnya pun lebih luas. Engagement otomatis naik secara organik (alami).
2. Konten dengan Visual Memukau
Manusia, secara naluriah merupakan makhluk visual. Foto dan video berkualitas tinggi yang estetik, akan lebih mudah mencuri perhatian ketika lewat di lini masa. Jadi, buat konten berupa foto atau video dengan visualisasi yang tajam dan kombinasi warna menarik, seperti video sinematik.
3. Konten Informatif dan Edukatif
Tipe konten yang menaikkan engangement selanjutnya yaitu konten informatif dan edukatif. Contohnya: tips, trik, tutorial, infografis, atau artikel singkat bermanfaat. Tidak hanya membantu meroketkan engagement, tapi juga membangun kredibilitas dan menjadikan akun Anda sebagai sumber informasi terpercaya.
4. Kontes dan Kompetisi yang Menarik
Konten berisi kontes dan kompetisi menjadi tipe berikutnya. Coba Anda adakan kontes atau kompetisi dengan hadiah menarik. Pastikan persyaratan dan mekanismenya mudah dan hadiah yang relevan dengan target pemirsa Anda.
5. Konten Interaktif
Berikutnya ada jenis konten interaktif, di mana Anda bisa mengajak pemirsa untuk berkomunikasi dan berpartisipasi langsung. Anda bisa menggunakan fitur polling, kuis, Q&A, atau mengajukan pertanyaan terbuka di caption untuk memancing komentar dan diskusi.
6. Konten Behind the Scene
Foto dan video di balik layar (behind the scene) proses pembuatan sesuatu, baik produk, layanan, maupun karya, juga menjadi tipe konten yang menaikkan engangement. Konten ini membantu membangun kepercayaan, menunjukkan sisi manusiawi, dan menciptakan koneksi yang lebih personal dengan audiens.
7. User-Generated Content (UGC)
Konten testimoni pengalaman pengguna (user-generated content) turut menjadi jenis konten kesukaan di sosial media. UGC merupakan bentuk social proof yang kuat dan dapat meningkatkan kepercayaan audiens baru yang penasaran terhadap suatu merek produk atau layanan.
Baca Juga: 6 Cara Jitu Mengubah Follower Jadi Konsumen untuk Bisnis Anda
Tips Meningkatkan Engagement Melalui Konten
Selain menerapkan aneka ragam konten di atas, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat dan mengunggah konten di sosial media, yaitu.
- Sesuaikan konten dengan target pemirsa, khususnya karakter dan seleranya. Sebab, masing-masing kelompok audiens mempunyai pemikat berbeda.
- Mengunggah konten secara konsisten dan dalam waktu yang sama selama periode tertentu, agar lebih mudah terbaca oleh algoritma sosial media.
- Tambahkan hashtag yang relevan dengan tipe konten yang menaikkan engagement pilihan Anda, untuk mengoptimalkan penelusuran dan kemunculan di lini masa.
- Rajin pantau konten yang sudah Anda unggah dan analisis statistiknya, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan unggahan, kemudian susun strategi untuk topik berikutnya.
Baca Juga: Kunci Sukses Berbisnis dengan Iklan di Social Media
Tingkatkan Engagement Media Sosial dengan Internet Cepat!
Pemilihan jenis konten yang tepat dan penerapan strategi pendukung yang pas, menjadi jaminan engagement Anda meroket. Mencari ide, membuat konten, penyuntingan, pengunggahan, serta pengelolaan lanjutan sosial media tentu membutuhkan konektivitas Internet Rumah berbasis fiber optik yang mumpuni dari Internet Cepat.
Demi pengalaman terbaik, Anda bisa memilih paket kecepatan 200 Mbps seharga Rp649.000,00 per bulan untuk memproses aneka tipe konten yang menaikkan engagement di atas. Tanpa batasan kuota dan FUP, jaringan internet ini bisa dinikmati sampai 15 perangkat tanpa lemot.